Pentingnya Mendapatkan Vaksin MR

Pentingnya Mendapatkan Vaksin MR

Terhitung sejak awal tahun 2019, pemerintah menetapkan vaksin MR (Measles Rubella) sebagai bagian dari program imunisasi nasional rutin untuk memutus penyebaran dan penularan penyakit campak dan rubella di Indonesia. Keputusan ini diambil pemerintah karena tingginya kasus campak dan rubella dalam lima tahun terakhir di Indonesia. Sepanjang tahun 2014 hingga Juli 2018, Kemenkes mencatat sebanyak 57.056 kasus campak dan rubella telah dilaporkan. Dari jumlah ini, sebanyak 8.964 positif terkena campak, dan 5.737 positif terkena rubella.

Mengapa penting mendapatkan vaksin MR?

Penyakit campak adalah penyakit yang sangat sulit diatasi. Penularannya pun terbilang sangat mudah, yaitu melalui batuk dan bersin. Ketika seseorang menderita campak, 90% orang yang berinteraksi dengannya dapat tertular bila tidak memiliki kekebalan terhadap campak. Oleh karena itu, selain vaksin, lingkungan pun harus bersih dari cakupan campak. Campak tidak bisa diatasi hanya dengan mengimunisasi satu orang, tapi harus dilakukan menyebar untuk memutus penularannya.

Dengan penularannya yang sangat mudah, campak dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti pneumonia, diare, meningitis, hingga kematian. Sedangkan orang yang menderita rubella tidak memiliki gejala khas, tetapi sangat berbahaya jika berada dekat dengan ibu hamil. Ibu hamil yang tertular rubella memiliki risiko keguguran atau melahirkan anak dalam kondisi cacat permanen atau Congenital Rubella Syndrome (CRS), yaitu berupa ketulian, gangguan penglihatan atau kebutaan, hingga kelainan jantung.

Dengan menjadikan vaksin MR sebagai program imunisasi nasional rutin, pemerintah tidak hanya berusaha menjaga kesehatan anak-anak Indonesia tapi juga generasi mendatang. Yayasan Ronald McDonald House Charities juga berusaha membantu pemerataan vaksin MR dan imunisasi lainnya melalui program Ronald McDonald Care Mobile. Bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat, Yayasan RMHC mengunjungi daerah dengan cakupan imunisasi kurang merata agar seluruh anak Indonesia dapat merasakan pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan.

Yuk, ajak buah hati rutin ke posyandu untuk pemeriksaan kesehatan dan imunisasi yang mereka butuhkan!

Referensi:

No Comments

Post A Comment