Pengaruh Gadget pada Anak

pengaruh gadget pada anak

Pengaruh Gadget pada Anak

Menghabiskan waktu di rumah sakit saat rawat inap ataupun rawat jalan bisa jadi sangat membosankan bagi pasien anak. Saat si kecil sudah mulai rewel dan tidak bisa tenang, banyak orang tua yang memilih memberikan gadget seperti hp untuk anak bermain atau sekadar menonton acara kartun kesukaan mereka di Youtube. Padahal, membiarkan anak bermain gadget terlalu lama bisa memberikan dampak negatif pada anak, lho. Simak penjelasan berikut ini:

Menurut penelitian profesor psikologi dari Temple University, Amerika Serikat, terbiasa membiarkan anak bermain gadget dapat membahayakan. Ketergantungan anak-anak pada gadget dapat memberikan pengaruh negatif pada perkembangan sosial mereka.

Saat anak-anak lebih sering bermain gadget, secara tidak langsung mereka akan terisolasi dari kehidupan sosial. Mereka enggan untuk berinteraksi dengan dunia nyata karena sudah nyaman hanya berinteraksi dengan gadget.

Terlalu sering bermain dengan gadget juga dapat berdampak pada penurunan performa mereka di sekolah. Saat menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gadget, anak-anak kehilangan waktu untuk belajar, mengerjakan PR, ataupun bermain dengan teman-teman sebayanya.

Tidak hanya di kehidupan sosial dan sekolah yang akan terganggu, ketergantungan bermain gadget juga dapat mengganggu waktu istirahat. Anak dapat kehilangan waktu tidurnya karena terlalu asik bermain dengan gadget.

Untuk mencegah dampak negatif yang disebabkan oleh kecanduan gadget, orang tua dapat mengontrol penggunaan gadget untuk anak-anak mereka. Batasi penggunaan hanya 2-4 jam setiap harinya. Saat bermain gadget, orang tua juga harus mengawasi penggunaannya karena berbagai jenis konten dapat diakses dengan mudah melalui gadget.

Referensi:

No Comments

Post A Comment